Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Entok 4 Bulan Panen Yang Benar

Cara ternak entok 4 bulan panen banyak di cari oleh para peternak entok. Hal ini disebabkan dengan keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Tentu semakin cepat panen dalam sebuah usaha ternak maka  kentungan yang didapatkan juga akan lebih banyak. Begitu juga dengan ternak entok. Jika ternak entok cepat panen misal dalam 4 bulan. Maka keuntungan yang akan didapatkan akan semakin besar.

Untuk itu, kali ini akan kami berikan informasi cara ternak entok 4 bulan panen yang bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum memulai usaha ternak entok. Cara ternak entok cepat panen dalam 4 bulan ini akan membuat anda semakin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk itu, berikut ini informasi lengkapnya untuk anda :


ternak entok 4 bulan panen


Cara Ternak Entok 4 Bulan Panen


Sebelum masuk ke dalam materi cara ternak entok 4 bulan panen. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya entok yang dipanen dalam waktu 4 bulan ini adalah entok yang digunakan untuk konsumsi. biasanya digunakan dalam rumah makan atau restaurant yang menyajikan hidangan daging entok. Tentu yang mereka butuhkan adalah daging entok yang masih muda sekitar umur 4 bulan. Inilah yang akan menjadi target kita dalam menekuni usaha ternak entok 4 bulan panen.
Beberapa langkah untuk memulai ternak entok 4 bulan panen diantaranya sebagai berikut :

1. Kandang Entok

Langkah pertama untuk menerapakan cara ternak entok cepat besar yaitu dengan memperhatikan kondisi atau kualitas kandang entok yang akan kita gunakan. Untuk mendapat entok yang cepat besar tentu saja kandang memiliki peran penting. Sama halnya dengan kolam jika pada ternak perikanan, kandang ini merupakan tempat hidup entok. Maka dalam pembuatan atau pengadaan kandang untuk ternak entok tersebut perlu dilakukan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin.
Untuk kandang entok yang layak digunakan sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :
  • Lokasi kandang jauh dari pemukiman rumah. Sebaiknya memiliki jarak berkisar antara 10-20 meter. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau dan penyakit yang tentunya tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, lokasi kandang yang cukup jauh ini dimaksudkan untuk menghindari suara bising atau aktivitas masyarakat agar entok tidak mengalami stress.
  • Ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan populasi atau jumlah entok yang akan dipelihara. Hal ini dilakukan agar entok merasa nyaman dalam melakukan aktivitasnya setiap hari.
  • Kontruksi kandang sebaiknya memiliki dinding yang agak tinggi untuk menghindari entok kabur dari kandang. Selain itu, buatkan halaman bermain yang terdapat kubangan air untuk entok. Pastikan juga kandang memiliki saluran air atau drainase air yang cukup baik.
  • Yang terakhir dan harus ada dalam kandang entok yaitu tempat makan dan tempat minum yang layak untuk entok.


Baca Juga : Cara Mensterilkan Kandang Entok Sebelum Digunakan Untuk Usaha Ternak Entok


2. Pemilihan Bibit Entok

Setelah penerapan kandang yang layak untuk entok dilakukan. Langkah selanjutnya untuk ternak entok agar cepat besar yaitu terletak dalam pemilihan bibit entok yang akan di ternak. Pemilihan bibit ini adalah kunci agar ternak entok cepat besar.

Apa saja syarat bibit entok yang baik untuk diternakkan ?
Berikut ini informasinya untuk anda:
  • Anakan entok sebaiknya berasal dari ndukan entok yang berkualitas
  • Anak entok tersebut dalam kondisi sehat, lincah serta agresif. Selain itu anakan entok tidak cacat fisik.
  • Berat anakan entok yang baik yaitu 100-200 gr per ekor. Dan bibit yang ideal yaitu anakan entok yang telah berumur 6-7 bukan dihitung setelah menetas. 


Baca Juga : Cara Merawat Entok Yang Baru Menetas Agar Dapat Hidup Dan Cepat Besar


3. Pakan Entok

Langkah selanjutnya untuk ternak entok cepat besar yaitu pada pemberian pakan. pakan juga sangat berpengaruh bagi pertumbuhan entok. Pakan yang mengandung cukup nutrisi tentu saja akan sangat baik untuk membantu pertumbuhan entok agar cepat besar.

Pakan entok berbeda-beda, tergantung umur entok yang sedang kita pelihara. Sebaiknya pemberian pakan ini dilakukan sesuai dengan prosedur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mengetahui jenis pakan yang dibutuhkan oleh entok sesuai dengan umurnya. silahkan simak informasi berikut ini :
  • Entok umur 1-14 hari. Pakan entok umur 1-14 hari terkonsentrasi pada pemenuhan nutrisi dalam bentuk protein, posfor, kalsium, energi dan vitamin. Pakan yang cocok untuk pakan anakan entok umur 1-14 hari adalah pelet atau konsentrat starter. Pakan pade fase ini berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan juga perkembangan entok.
  • Entok umur 15-35 hari. Pakan entok umur 15-35 hari cenderung pada pemenuhan kebutuhan energi untuk meningkatkan bobot tubuhnya. Sehingga pakan yang dibutuhkan untuk entok umur 15-35 hari ini adalah konsentrat yang dicampur dengan dedak halus atau bekatul. Bisa juga diacampur dengan bahan-bahan lainnya seperti jagung, ubi dan juga ampas tahu.
  • Entok umur 35-60 hari. Pada fase ini, entok membutuhkan pakan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin. Hal ini diakibatkan karena ukuran tubuh entok semakin besar, sehingga membutuhkan mineral dan vitamin yang cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan pakan tersebut, kita dapat memberikan pakan pabrikan yang dicampur dengan ikan rucah, bekatul, menir, keong, ampas tahu, nasi aking dan eceng gondok. Silahkan pilih salah satu pakan yang mudah didapatkan dan memiliki harga yang cukup terjangkau.


Baca Juga : Cara Membuat Pakan Entok Agar Cepat Besar Dengan Biaya Sedikit



4. Vitamin Dan Vaksinasi

Untuk ternak entok cepat besar, sebaiknya juga dilakukan proses vaksinasi dan juga pemberian vitamin yang cukup untuk entok tersebut. Vaksinasi ini berfungsi sebagai antibodi untuk entok itu sendiri. Entok yang diberikan vaksinasi akan kebal terhadap serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang sering menyerang anakan entok.

Sementara itu, vitamin juga dibutuhkan oleh anakan entok. Vitamin ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan entok. Apabila entok sudah dewasa, pemberian vitamini ini berfungsi untuk mempercepat proses bertelur.

5. Panen

Dalam fase ini entok dipanen pada saat umur 4 – 5 bulan. Tetapi untuk restaurant biasanya membutuhkan entok muda berumur 4 bulan. Kecuali jika anda menjualnya di pasar mungkin entok dengan umur seperti ini masih tergolong murah meriah dan sayang untuk di jual. Sehingga lebih baik anda mencari konsumen dari rumah makan atau dari restaurant yang membutuhkan daging entok muda.

Panen entok pada umur 4 bulan biasanya memiliki bobot sekitar 4 kilogram. Tentu dengan perawatan yang sesuai standar untuk ransum entok. Sementara harga dari rumah makan untuk entok muda mencapai 15 – 20 ribu rupiah per kilogramnya dalam kondisi hidup. Cukup menggiurkan bukan ?